Tak Ada Kehidupan Tanpa Masalah

Tadi pagi saat berangkat menuju tempat tugas diiringi dengan hati penuh rasa senang, ceria dan penuh semangat. Bagaimana tidak semangat karena sekarng hari Jum’at dan besok saya libur kerja…horeeee…wik en lagiiii…

Tapi sorak sorai dalam hati tidak berlangsung lama karena tiba-tiba ada sebuah pesan instan yang masuk ke bbm saya dari salah seorang teman. Dia menangis dan minta saya untuk berjanji tidak cerita pada siapapun tentang curhatannya itu. Eeeehh…tapi ternyata saya cerita disini ya? Gak apa-apa deh ya, saya cerita bukan mau menjelekkan masalah teman saya itu tapi untuk mengambil hikmah dari peristiwa yang dialami teman saya itu.

Saya kaget setelah dia bercerita masalahnya. Dia curhat sambil menangis bingung menghadapi masalah keluarganya yang baru saja terjadi. Sedih jelas saya rasakan, tak terbayangkan jika saya menghadapi masalah seperti itu. Akhirnya saya hanya bisa membesarkan hatinya, menyemangatinya supaya tidak larut dalam kesedihan. Tangisan tidak akan menyelesaikan masalah. Menangis boleh hanya untuk membantu melegakan hati yang sesak tetapi jangan terus menerus menangisi masalah.

Saya hibur dia bahwa saat ini dia sedang disayang Allah SWT. Memang dari sebelum-sebelumnya dia banyak bercerita pada saya bahwa keluarganya sedang dirundung ujian yang berturut-turut. Saya yakinkan padanya bahwa setiap manusia yang hidup pasti diberi masalah. Jangankan orang hidup yang sudah meninggal pun dia tetap punya masalah, karena harus mempertanggung jawabkan segala perbuatannya selama di dunia ini.

Saya juga mengatakan padanya bahwa Allah itu tidak akan menguji umatNya diluar kemampuannya. Bahwa semua cobaan, kesulitan yang ia hadapi sekarang ini adalah hanya sementara, semuanya akan berlalu.

Temans…jika anda sedang menghadapi masalah hal yang paling mudah dilakukan selain menangis adalah perbanyak sholat, zikir dan terus berdoa minta diberikan kemudahan oleh Allah dalam mencari solusi permasalahan tersebut. Dekati Dia Yang Maha Tahu segala hal. Kenapa Anda diberi cobaan? Itu karena Dia menginginkan Anda semakin dekat denganNya. Dia rindu curhatan anda, Dia ingin mendengar rengekan Anda. Percayalah…semua kan segera berlalu dan berganti dengan kebahagiaan.

Setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

P05-04-10_17-57[1]

 

 

Tinggalkan komentar